Jumat, 13 Februari 2015

Ich heiße Smurf / Ich bin Smurf

Hallo liebe Freunde, bagi yang baru belajar bahasa Jerman atau tertarik untuk melakukan perkenalan (saling berkenalan = kennenlernen) dengan bahasa Jerman, ini ada beberapa hal atau kalimat yang bisa digunakan untuk sapaan atau memperkenalkan diri.

P: Gutten Morgen, Ich heiße Paco, und Wer bist du? (Trans: Selamat pagi, nama saya Paco, dan Anda siapa?) 
S: Ich bin Smurf (Saya Smurf) 

 Ada 2 tipe untuk menanyakan nama: 
> Wie heißt du? (Trans: siapa nama Anda?) 
> Wer bist du? (Trans: kamu siapa?) 

Menjawab nya juga bisa 2 cara: 
> Ich heiße Smurf (Trans: Nama saya Smurf) 
> Ich bin Smurf (Trans: Saya Smurf) 

Note: 
> pada huruf bahasa Jerman ada simbol "ß" yang dibaca ss (saya waktu awal belajar nyangka nya ini dibaca kayak huruf B :-P), jadi untuk heiße maka pengucapannya adalah
hai-se
> untuk huruf yang biasa, dibaca nya sama seperti kita baca huruf di Indonesia, A dibaca a, dst. > beberapa huruf yang dieja berbeda adalah: J dibaca
Yot
, Q dibaca
Ku
, V dibaca
Vau
, X dibaca
Ix
, Y dibaca
Ypsilon
yang lain dibaca sama persis seperti huruf Indonesia

> ada beberapa tambahan huruf di Jerman yaitu Ä (A umlaut), Ü (U umlaut) dan Ö (O umlaut) yang masing2 dibaca: Ä dibaca E, Ü dibaca antara U dan Yu (Mengucapkan huruf U tapi sambil kedua pipi ditekan pakai tangan, jadi U nya lebih dalam), dan Ö dibaca antara O dan Oe (Mengucapkan huruf nya kayak ngejek :-P). 

 Ok, untuk hari ini sekian dulu Deutsch lernen nya, nanti lain waktu disambung lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar atau saran.....